ANTISIPASI BENCANA TANAH LONGSOR

Komunitas Peduli Bencana Alam Purbalingga makin menyiapkan diri dalam mengantisipasi ancaman bencana alam pada musim penghujan. Komandan latihan Search and Rescue (SAR) Purbalingga, Seno Aji mengatakan, warga mulai peduli dengan lingkungannya, terutama terhadap ancaman bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Bahkan warga telah membentuk sebuah wadah tim SAR Perwira.
Dikatakan Seno Aji, pelatihan meliputi teknik evakuasi penanganan korban bencana. Latihan SAR air akan difukuskan di sungai Klawing, sedangkan penanganan darurat korban bencana alam lainnya dipusatkan di komplek Adventure Zone Buper Munjulluhur desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari. Sekitar 40 orang dari berbagai latar belakang akan mengikuti pelatihan evakuasi korban bencana alam.
Sejumlah wilayah kabupaten Purbalingga memiliki potensi bencana alam yang berbeda. Bencana tanah longsor biasanya melanda wilayah Karangjambu, Karangreja dan Karangmoncol. Bencana banjir biasanya melanda wilayah kecamatan Purbalingga, Kaligondang, dan Kalimanah.
SAR Perwira juga mengintensifkan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah kecamatan dan desa, terutama daerah langganan bencana.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *