Pemkab Salurkan Bantuan Bencana Alam

PURBALINGGA,  Pemkab Purbalingga melalui Bagian Kesra Setda, sejak Sabtu kemarin (23/11) menyerahkan bantuan bagi korban bencana alam untuk periode kejadian mulai 19 Juli hingga 18 Oktober 2013. Bantuan bencana alam sejumlah Rp 32,5 juta diberikan kepada 29 orang tersebar di sejumlah kecamatan.

“Hari ini (25/11), kami menyalurkan bantuan untuk tiga kecamatan yakni Rembang, Kertanegara dan Karanganyar. Tadi Pak Wakil Bupati yang menyerahkan langsung kepada para korban dan ahli warisnya,” ungkap Kepala Sub Bagian Bina Sosial pada Bagian Kesra Setda, Windu Hartono SH, di sela-sela Peresmian hasil kegiatan padat karya pangan (PKP) di desa Losari, Rembang, Senin (25/11)

Menurut Windu, bantuan bencana alam dari pemkab diberikan kepada korban kebakaran dan angin kencang yang belum mendapat bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) Purbalingga. Jumlahnya, lanjut Windu, untuk korban kebakaran sebanyak 11 orang dan akibat angin kencang 18 orang. Rinciannya, 5 rumah roboh, 8 rusak berat dan 16 rusak ringan.

“Mereka belum dibantu BPBD, sehingga diberikan bantuan dengan indek sebagaimana diatur dalam pasal 5 peraturan bupati nomor 004 tahun 2012, tentang pedoman tata cara pemberian bantuan akibat bencana di kabupaten Purbalingga,” tambah Windu.

Sesuai Perbup, terang Dia, untuk korban yang rumahnya roboh diberikan bantuan sebesar Rp 2,5 juta, korban rumah rusak berat Rp 1,5 juta dan rumah yang rusak sedang diberikan bantuan masing-masing Rp 500 ribu.

Selain untuk korban bencana, pemkab juga menyalurkan dana Rp 109,5 untuk 41 penderes di kabupaten Purbalingga yang mengalami musibah terjatuh dari pohon kelapa. Untuk korban meninggal dunia sebanyak 16 orang, cacat tetap 3 orang dan luka berat sebanyak 22 orang.

“Kejadian terbanyak di Kecamatan Mrebet dan Karanganyar masing-masing 7 korban, kemudian Bojongsari 6 orang. Mereka adalah penderes yang terkena musibah hingga September 2013,” jelasnya.

Ditambahkan Windu, penyerahan bantuan direncanakan berlangsung hingga 30 November. Sebelumnya pada Sabtu kemarin (23/11) pemberian bantuan kepada korban bencana dan penderes di wilayah Kecamatan Karangjambu dan Karangreja.

Jadwal lainnya, Selasa (26/11) untuk Kecamatan Purbalingga dan Padamara, Rabu (27/11) Kecamatan Kutasari dan Bojongsari, kemudian untuk hari Kamis (28/11) di Kecamatan Kaligondang, Pengadegan dan Kejobong.

Dua hari bereikutnya, Jum’at (29/11) di Kecamatan Mrebet dan Bobotsari dan terakhir Sabtu (30/11) di Kecamatan Bukateja dan Kemangkon. (/Hr)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *