PMR Wira Bharega Gelar Simulasi Bencana

Pertolongan Pertama pada Korban bencana

Pertolongan Pertama pada Korban bencana

PURBALINGGA, HUMAS – Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMAN 1 Purbalingga menggelar kegiatan simulasi  Siaga Bencana di Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon, kemarin. Kegiatan diikuti oleh 127 anggota PMR yang sering dijuluki Bharega (Barisa Remaja Ganesha).

Ketua panitia Layla Hasanah mengungkapkan, kegiatan meliputi simulasi seleksi prioritas korban, penanganan pertolongan pertama korban di tempat kejadian dan evakuasi korban menuju rumah sakit lapangan dan rumah sakit rujukan. “Kegiatan ini sangat diminati anggota PMR karena sangat menarik dan mendekati situasi sesungguhnya jika terjadi kecelakaan atau bencana dengan korban banyak” ujar Layla Hasanah.

Sementara itu pembina PMR, Rukmawan SL mengungkapkan, saat simulasi dilaksanakan dua kondisi bencana yaitu tanah longsor dan angin puting beliung dengan masing-masing korban 25 orang, penolong 30 orang dan fasilitator 15 orang.  “Jenis bencana ini dipilih dan simulasikan karena dianggap yang paling sering terjadi di wilayah Purbalingga, sehingga anggota PMR punya pembelajaran apabila terjadi bencana semacam ini di lingkungan mereka” ujar Rukmawan yang juga Pengurus PMI Purbalingga.

Para anggota berlari, menenteng perlengkapan pertolongan pertama, tandu dan sejumlah perlengkapan penanganan bencana mendekati para korban dan langsung beraksi menangani dan menyelesaikan tugas-tugasnya dengan cepat dan sigap. Kegiatan diakhiri dengan permainan dan beradu semangat dengan lagu-lagu siaga bencana hasil gubahan mereka.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan ditahun-tahun mendatang untuk mempertajam rasa peduli anggota PMR dan remaja secara umum terhadap bencana-bencana yang terjadi di sekitar mereka,” tambah Rukmawan. (Humas/y)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *