SARANG TAWON RESAHKAN WARGA, BPBD RESPON CEPAT

PURBALINGGA, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Purbalingga merespon cepat adanya aduan sarang lebah yang menempel di atap rumah warga. Tim BPBD langsung mendatangi rumah warga ibu Tatik kelurahan Kedungmenjangan dan Bpk Zulni warga Perumahan Regency 2 Kelurahan Wirasana Purbalingga, Selasa ( 20/02/2018 ) malam.

Kawanan tawon baluh sebelumnya menempati sebuah sarang yang berdiameter 40 centimeter yang menempel di atap rumah seorang warga. Angin kencang biasanya menggoyang sarang tersebut, sehingga kawanan lebah yang tinggal terusik dan berterbangan meresahkan warga karena sering menyerang dengan sengatan yang membahayakan bahkan mematikan.

Kepada wartawan Pusdalops BPBD Purbalingga Wahyu Prayoko mengatakan, untuk melakukan evakuasi ini kita memakai mantel hujan yang kita anggap cukup aman dan menggunakan masker khusus. Metode awal kita tutup lubang sarang lebah dengan kapas murni, setelah kita tutup kita semprot dengan bensin setelah meresap kita tunggu sampai bunyi tawon berhenti berarti di dalam tawon sudah mati semua baru kita eksekusi sarangnya.

Kita sudah mempelajari karena sensor cahaya lebah itu kalau kita eksekusi siang hari cahayanya lebih luas nanti akan berterbangan dan meresahkan warga, makanya kita lakukan evakuasi atau eksekusi pada malam hari, ”ucap Wahyu.

Setelah lebah berhasil dijinakkan, petugas memasukkan sarang itu ke dalam karung. Sarang tersebut kemudian diturunkan dan diterima petugas lain yang telah menunggu di bawah.

Proses evakuasi dua rumah yang tempatnya berjauhan berlangsung dari pukul 20.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB itu akhirnya berhasil. Kemudian sarang tersebut di amankan petugas agar tidak kembali meresahkan warga.

“Walaupun diguyur hujan,proses evakuasi berjalan lancar.Sarang lebah kami bawa dan kami buang agar tidak kembali meresahkan warga, ”tegasnya. (sumber : http://onlinebuser.com/sarang-tawon-resahkan-wargabpbd-respon-cepat)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *