BPBD Kabupaten Purbalingga

Jl. Soekarno Hatta 20 Kalikabong - Purbalingga

BPBD Akan Tambah Satu Mobil Pemadam

damkarPURBALINGGA, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga akan menambah satu unit mobil pemadam pada tahun anggaran 2015 ini. Rencananya mobil pemadam kali ini berukuran kecil dengan kapasitas 3000 liter air, agar mampu dengan gesit memasuki jalan-jalan sempit.

“Kami sudah memiliki dua unit mobil pemadam berkapasitas 5000 liter dan satu mobil pompa. Mobil-mobil ini berukuran besar, sehingga saat kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk dengan akses jalan sempit, kami mengalami kesulitan,” jelas Kepala Pelaksana Harian BPBD Priyo Satmoko melalui Kasubbag Tata Usaha BPBD Hartoyo, Kamis (29/1).

Hartoyo mengatakan kebutuhan akan mobil pemadam sebenarnya masih cukup banyak. Namun APBD 2015 baru mampu meluluskan pengadaan satu unit mobil pemadam senilai kurang lebih Rp 1,3 miliar.

“Untuk pertolongan darurat, terutama kebakaran yang cukup besar seperti yang pernah menimpa CV Purbayasa di Desa Gemuruh Kecamatan Padamara awal Januari 2015 lalu, kami meminta bantuan pemadam dari Banyumas dan Banjarnegara,” imbuhnya.

Data BPBD Purbalingga menunjukkan kasus kebakaran di Kabupaten Purbalingga mengalami fluktuasi yang tidak terlalu mecolok empat tahun terakhir. Tahun 2011 dan 2012, masing-masing terjadi 40 kasus. Sedangkan tahun 2013, kasus kebakaran melonjak  hingga 58 kejadian. Tahun 2014 kembali menurun namun tetap banyak, yakni 46 kejadian.

“Bahkan dalam bulan Januari ini saja sudah ada empat kejadian. Pertama di Pabrik Kayu Olahan CV Purbayasa, Gudang Diler Motor AUM, rumah warga Desa Karngsari Karangmoncol dan warga Kesamen Kaligondang,” jelasnya lagi.

Menurut Hartoyo, kejadian paling banyak disebabkan konsleting listrik atau arus pendek. Sedangkan faktor penyebab lain yang tak kalah banyak, karena kelalaian warga di dapur atau tungku. (Estining Pamungkas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BPBD Kabupaten Purbalingga @ 2013 - 2017 Frontier Theme
Social Network Widget by Acurax Small Business Website Designers
Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Instagram