BPBD Kabupaten Purbalingga

Jl. Soekarno Hatta 20 Kalikabong - Purbalingga

Korban Bencana Terima Santunan Dari Pemkab

DSC_0045PURBALINGGA,       – Masyarakat yang tertimpa musibah akibat bencana alam seperti tanah longsor, banjir kebakaran di wilayah Kabupaten Purbalingga mendapatkan satunan dari pemerintah kabupaten. Santunan diberikan langsung Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto kepada kepala desa (Kades) Kutawis dan Kembangan di Aula Desa Karanggedang Kecamatan Bukateja Purbalingga,  Senin (29/12).

Kepala Bagian Kesejahteraan (Kabag) Kesra Setda Purbalingga Muhammad Nurhadi mengatakan, bahwa penerima santunan, merupakan korban bencana yang rumahnya mengalami rusak berat, ringan hingga roboh. Sedangkan yang berhak menerima bantuan periode bulan Nopember hingga Desember 2014, merupakan korban dari bencana alam seperti tanah longsor, banjir kebakaran.

“Kerugian akibat dari bencana alam di Purbalingga dari Niopember hingga Desember ini mencapai Rp 518.000.000. Sedangkan usulan bantuan yang bagian kesra yang disetujui sekitar Rp 15.000.000,”tuturnya.

Nurhadi menambahkan, akibat dari beberapa bencana mengakibatkan berbagai kerugian dan kerusakan yang jumlahnya tidak sedikit.

“Korban yang mengalami luka-luka dan dirawat di rumah sakit, serta meninggal dunia tidak ada, hanya, rumah roboh, rusak berat dan ringan sehingga mereka terancam untuk  relokasi,”jelasnya.

Menurutnya, jumlah  kondisi/klasifikasi korban yang mengalami rumah roboh akibat kebakaran, banjir, dan tanah longsor menyebar di beberapa kecamatan.

“Rumah yang mengalami rusak berat akibat tanah longsor terjadi di Desa Jingkang Kecamatan Karangjambu sebanyak satu rumah. Dan  yang mengalami rusak sedang  akibat tanah longsor satu rumah di Desa Kutawis Kecamatan Bukateja,  satu rumah di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar,  satu rumah di Desa Jingkang Kecamatan Karangjambu, serta satu rumah di Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol,”tuturnya.

Rumah yang mengalami rusak berat  akibat banjir menimpa  satu rumah warga desa Kembangan Kecamatan Bukateja, mengalami rusak berat akibat kebakaran satu rumah di Desa Majapura Kecamatan Bobotsari, satu rumah di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar, satu rumah di Desa Jingkang Kecamatan Karangjambu, dan satu rumah di Desa Krangean Kecamatan Kertanegara.

“Dan yang mengalami rusak sedang akibat kebakaran satu rumah di Desa Krenceng Kecamatan Kejobong, satu rumah di desa Kedunglegok Kecamatan Kemangkon serta satu rumah roboh akibat kebakaran menimpa warga Desa Bakulan Kecamatan Kemangkon. Sehingga keseluruhan rumah yang mengalami kerusakan, baik rusak ringan maupun berat akibat tanah longsor banjir dan kebakaran, jumlahnya mencapai  15 rumah,”pungkasnya.

Saat memberikan santunan akibat bencana alam secara simbolis kepada kades, bupati mengharapkan agar santunan disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

“Saya meminta kepada kades agar bantuan ini harus sampai kepada yang berhak menerimanya. Walaupun jumlahnya tidak seberapa, tapi ini merupakan wujud kepedulian kami kepada masyarakat yang tertimpa musibah,”ujarnya. (Sukiman)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BPBD Kabupaten Purbalingga @ 2013 - 2017 Frontier Theme
Social Network Widget by Acurax Small Business Website Designers
Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Instagram