BPBD Kabupaten Purbalingga

Jl. Soekarno Hatta 20 Kalikabong - Purbalingga

Panglima TNI Pantau Kesiapan Prajurit Hadapi Bencana

CIMG4338

PURBALINGGA – Panglima TNI, Jenderal Moeldoko melakukan kunjungan kerja sekaligus memantau kesipaan TNI di wilayah wilayah Jawa Tengah khususnya wilayah Korem 071/Wijayakusuma dalam menghadapi bencana alam khususnya bencana erupsi Gunung Slamet. Kesiapsiagaan prajurit dalam penanganan bencana sangat diperlukan untuk meminimalisir dampak bencana yang terjadi, terutama korban jiwa.

“Saya akan melihat apakah semuanya pada posisi siap. Saya mau lihat apakah dapur umumnya dapat cepat digelar. Kesiapan TNI dalam menghadapi bencana dapat memberikan keyakinan kepada rakyat kita agar semuanya bisa tenang,”kata Muldoko pada saat melakukan kunjungan ke Bataliyon 406 Candra Kusuma, Bojong Purbalingga, Jum’at (23/5)

Sebelum melakukan pengecekan pembuatan dapur umum Panglima TNI juga telah menerima paparan tentang kesiapan prajurit dalam penanggulangan bencana serta penjelasan jalur evakuasi jika Gunung Slamet meletus. Paparan ini disampaikan oleh Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf. A Sinaga.

Sedangkan Bupati Purbalingga menjelaskan kesiapannya dalam dalam penyaluran bantuan logistik, yang penanganannya langsung dikoordinir oleh Badan Penangguangan Bencana Daerah (BPBD).

Pada saat gladi pembuatan dapur umum Jenderal Muldoko menyempatkan ikut memasak makanan bersama prajurit, dan mencicipi tempe goreng.  Walaupun dari kecepatan waktu pembuatan dapur umum belum memenuhi target Panglima TNI merasa puas terhadap kinerja Denbekang.

“Saya harap kedepan kecepatan dalam pembuatan dapur umum harus lebih cepat lagi,” kata Muldoko

Kunjungan Panglima TNI juga didampingi oleh Pangdam IV Diponegoro, Koorsahli Panglima TNI, Asrenmum Panglima TNI, Asops Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Aster Panglima TNI , Kapuspen TNI, Bupati Purbalingga, Danrem Wijayakusuma, Dandim, serta Kapolres Purbalingga. Hadir pula Mbah Rono, staf Ahli menteri ESDM.

Kunjungan ini dimulai dari Semarang menggunakan helikopter menuju Lanud Wirasaba, kemudian ke Bataliyon 406, setelah itu kembali ke Lanud Wirasaba untuk meninjau Pos Pengamatan Gunung Slamet di Gambuhan menggunakan helikopter.

Di Bataliyon 406, Panglima juga disambut oleh grup kentongan dari Kodim 0702 Banyumas yang semua personil berasal dari anggota TNI. Pada kunjungan itu pula Panglima berkesempatan melaksanakan sholat jumat bersama TNI Bataliyon 406. (dy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BPBD Kabupaten Purbalingga @ 2013 - 2017 Frontier Theme
Social Network Widget by Acurax Small Business Website Designers
Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Instagram